Kamis, 29 September 2011

Penulis : Queen Soraya
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 176 halaman
Terbit :  Maret 2008


Garnet dan Vero pasangan sahabat yang unik dan sempurna banget. Garnet superkurus, Vero supergemuk. Sejak SD, keduanya saling menyayangi dan melindungi... eh, tepatnya Vero yang melindungi Garnet dan siap melabrak siapa pun yang menyakiti sahabatnya itu.  Keduanya juga kompak merasa diri mereka cantik, bagaimanapun keadaan tubuh mereka atau apa pun yang dikatakan orang tentang mereka.  


Tapi kemudian tantenya Vero memaksa keponakannya itu ikut operasi sedot lemak karena khawatir melihat tubuh Vero yang kelebihan bobot. Sementara itu Garnet ditolak cintanya karena penampilannya yang kurus dan kucel, serta dihina habis-habisan oleh geng cantik di kelasnya.  Kalau sudah begitu, apa Garnet dan Vero bertahan tampil apa adanya? Bisakah Garnet membantu Vero lari dari operasi sedot lemaknya? Cukupkah kegarangan Vero untuk menghadapi keusilan teman-teman sekelas Garnet?



Sinopsis :
Matahari sedang terik-teriknya tengah hari ini. Namun, itu tidak menyurutkan semangat ratusan orang yang lalu-lalang bertebaran di setiap penjuru terminal Blok M. Kepenatan yang luar biasa namun diantara ratusan orang yang ada di situ, ada satu orang yang tidak memperdulikan kepenatan itu. Yeah, orang itu GARNET, Si Ratu Jelita (Jerawat Lima Juta) ini selalu menjalani kehidupan sehari-harinya dengan gembira walaupun dia selalu menjadi tempat ejekan teman-teman kampusnya. 


Sesekali dia pernah mengungkapkan perasaannya kepada Alan Prasetya cowok tampan, keren, yang telah memikat hatinya dengan memberikan selembar surat cinta yang dititipkan kepada Cindy agar disampaikan kepada Alan. Setelah memberikannya, Cindy lalu mengatakan kepada Garnet bahwa Alan mengajak kencan Garnet tanpa mempunyai rasa curiga sedikit pun kepada Cindy, Garnet langsung  bergegas menemui Alan di sebuah gerai makan siap saji di Pasaraya Grande. Ternyata di sana Alan hanya memaki-maki Garnet dan menolaknya. Rupanya Garnet telah dijebak oleh Cindy. 


Senja baru saja menghilang. Garnet baru saja tiba si rumah setelah 15 menit perjalanan pulang, telpon menderingkan bunyi ternyata Vero yang menelpon. Vero sendiri merupakan sahabat Garnet sejak SD sampai sekarang. Vero selalu membantu Garnet saat kesusahan dan melindungi Garnet bila ada yang mengganggu sahabat terbaiknya. Karena telah mendengarkan semua isi curhatan Garnet, Vero bertekad untuk membantu Garnet. 


Suatu hari Vero membuat janji dengan Garnet bahwa dia akan menjemput Garnet sepulang dari kampus. Matahari sudah memancarkan sinarnya dan Garnet telah bersiap-siap untuk berangkat ke kampus. Seperti biasanya sesampainya di kampus keadaanya pasti berantakan. Setelah jam pelajaran berakhir Garnet langsung pulang dan diikuti Cindy, Laura, dan Siska yang selalu mengejek. Namun tak berapa lama kemudian, tamparan maut melayang dengan mulus ke pipi mereka bertiga. Dan yang melakukan itu semua adalah Vero.


Setelah dijemput oleh Vero menggunakan mobil Nissan X-Trail ternyata di dalam mobil sudah ada Tante Maya (Tante Vero) dan Vero akan diajak oleh Tante Maya ke Klinik Kecantikan, dan Vero dipaksa oleh Tante Maya agar ikut operasi sedot lemak karena Vero itu kelebihan berat badan. Karena begitu lama menunggu, Garnet ingin buang air kecil. Agar tidak bertemu dengan Tante Maya dan Vero, Garnet pergi dengan buru-buru hingga menabrak seorang lelaki. Ternyata lelaki itu adalah Rhinky teman SD Garnet dan Vero yang dulu menyasarkan bola ke kepala Garnet,  lalu dia tidak pernah bermain bola lagi karena Vero kecil telah melayangkan tinjunya. Rhinky yang dulu telah berubah, yang dulunya dekil sekarang menjadi super ganteng melebihi Alan Prasetya.


Demi Ingin menjadi kurus agar tidak jadi operasi sedot lemak dan demi menjadi Gemuk Garnet juga mengadakan diet agar dia tidak krempeng lagi. Mereka berdua berjanji akan berubah dan mereka saling menukar barang yang biasa dikonsumsi Vero akan dikonsumsi Garnet sedangkan barang yang biasa dikonsumsi Garnet akan dikonsumsi oleh Vero.


Karena kebiasaan Garnet yang buruk masih terlihat banyak Mama Garnet menyarankan agar Garnet berubah, setelah berpikir kurang lebih satu hari Garnet memutuskan bahwa dia berjanji  akan berubah.  Mulai hari itu dia  berubah dimanapun dan kemanapun dia pergi dia selalu menggunakan pakaian selayaknya perempuan tidak seperti hari-hari sebelumnya dia hanya memakai kaus oblong dan jeans embel dan dia juga berusaha untuk memakai make-up yang diberi oleh Tante Maya agarmuka dia menjadi lebih cantik dari sebelumnya dan juga agar dia lepas dari jabatannya sebagai  RATU JELITA.


Suatu hari Garnet akan pergi bersama Rhinky dan mama Garnet menyarakan agar Garnet memakai dalaman tanktop hitam, baju tangan panjang putih kerah lebar dan jeans tiga perempat. Setelah bertemu di salah satu tempat mereka berdua  memutuskan pergi ke suatu mall di Jakarta, dan beristirahat di sebuah Food Court di dalam mall tersebut. Karena masih terlalu pagi untuk makan siang mereka berdua hanya memesan minuman, berbeda dengan Rhinky yang memesan Cappucino  sedangkan Garnet yang sebelumnya memesan Lemon Tea namun Rhinky melarang karena itu dapat membuat badan Garnet tambah krempeng maka Rhinky menyarankan Garnet untuk memesan Jus Alpukat.


Ayam telah bernyanyi untuk membangunkan majikannya. Garnet pun telah bangun dari tempat tidurnya setelah Vero mengirim sms bahwa Garnet akan diajak Vero pergi ke suatu Food Court di Plasa Senayan. Tapi entah kenapa meskipun mereka tidak janjian behwa akan tukeran barang namun mereka sudah membawa barang yang biasa digunakan oleh si kurus dan si gemuk, Garnet membawa baju senam warna hitam dan ungu untuk Vero sedangkan Vero membawa cemilan untuk Garnet.


Karena Garnet merasa sangat ingin bertemu dengan Rhinky segera dia meraih Handphone yang berada di atas meja belajar lalu dengan gesit segera dia memencet nomernya Rhinky namun setelah Rhinky mengangkat Rhinky baru sadar ternyata dia ketiduran ketika mengerjakan tugas kuliahnya dan tak begitu lama Rhinky langsung mengucapkan terima kasih bahwa sudah dibangunkan.


Hari itu Garnet dan Vero pergi ke klinik Om Michael , seperti biasa Garnet selalu menunggu di ruang tunggu sambil membaca sebuah buku dan munculah seorang cowok tampan bersama cewek yang begitu cantik nyaris sempurna, Yup benar itu Rhinky tapi Garnet tidak tahu siapa cewek yang berada disamping Rhinky, namun setelah berkenalan akhirnya Garnet tahu bahwa itu Claudia, pacarnya Rhinky. Claudia adalah salah satu dari banyak model yang sedang naik daun karena operasi plastik yang dijalaninya agar tambah cantik. 


Malam pun tiba Garnet diajak Vero untuk merayakan kemajuan mereka berdua tentang diet yang sedang mereka jalani, dan ketika Vero meminta agar Garnet mengantarnya ke toilet namun Vero terlihat kesal ketika ada seorang cewek baru keluar dari salah satu toilet dari situ Vero membelaku saat Claudia mengejekku dan tonjokkan dari tangan Vero sudah melayang di hidung Claudia dan Akibat perkelahian malam itu hidung mancung Claudia rusak, namun permasalahan itu dapat diselesaikan secara damai. Dan setelah hukumanku selesai akhirnya aku dapat bertemu dengan sahabatku dan tentunya Rhinky.


Tak pernah dibayangkan oleh Garnet bahwa Garnet adalah cinta pertamanya Rhinky setelah Rhinky berusaha jujur bahwa yang merebut hatinya dari Claudia adalah Garnet. Garnet mengetahui semua ini akibat Claudia yang selalu menuduh Garnet yang tidak-tidak dan tamparan maut pun menyasar di pipi Claudia. Dan yang menampar adalah Rhinky, Pangeran yang menyelamatkan Garnet.


Betapa kagetnya Cindy ketika melihat Garnet yang baru pertama kali masuk kampus --setelah kurang lebih satu bulan tidak masuk ke kampus-- keadaan Garnet sudah berubah drastis. Berat badan Garnet sudah naik dengan pesat dan  Jerawat Lima Jutanya sudah hilang. Dan begitu bahagianya Garnet karena kini sudah menjadi pacar Rhinky. Semua itu disaksikan 3 sahabat yang selalu meremehkan Garnet yaitu Cindy, Siska, dan Laura, serta Alan yang sebelumnya meminta maaf karena ia tahu bahwa Cindy dan kedua sahabatnya yang menjebak Garnet dan Alan agar Garnet dan Alan tidak berpacaran.


Hmm.. Aku belum pernah baca novel ini. Tapi tertarik sama ceritanya. (rai ina)


Credit : http://cacandradedewismp3pati.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini.
Setelah membaca mohon tinggalkan pesan pada kolom komentar.
Salam. ^^

 
Copyright (c) 2010 My Dream is My Life. Design by Wordpress Themes.

Themes Lovers, Download Blogger Templates And Blogger Templates.