Kamis, 23 September 2010

Jejaring sosial atau jaringan sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Analisis jaringan sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.


Perkembangan teknologi pada dewasa ini, banyak menciptakan beragam aplikasi sebagai bentuk bagaimana teknologi itu berkembang semakin pesat seiring berjalannya waktu. Kemajuan teknologi itu salah satunya tercermin dengan tidak adanya jarak, ruang, dan waktu sebagai penghambat arus komunikasi. Dengan kata lain, kemajuan teknologi memudahkan kita untuk berkomunikasi lebih efektif dan efisiensi dalam rangka mengikuti arus globalisasi, salah satu contohnya adalah internet sebagai media komunikasi yang paling efektif serta lebih efisien dibandingkan jenis aplikasi komunikasi lainnya.

Banyak inovator yang berkreasi membuat berbagai situs jejaring sosial dalam rangka mencapai komunikasi efektif dan efisien tersebut. Beberapa bentuk situs jejaring sosial telah banyak diketahui dan digunakan oleh hampir sebagian masyarakat di dunia, tak terkecuali Indonesia. Dalam hal ini, kita hanya membahas hal tersebut namun cukup dengan cakupan wilayah di Negara kita tercinta ini.  Berbagai situs jejaring sosial yang mulai "mewabah" di Indonesia seperti facebook, twitter, myspace, friendster, tagged, dll. banyak memberikan nilai dan manfaat positif apabila dipergunakan secara tepat dan bijaksana. Namun pada realitasnya di negeri ini, banyak sekali terjadi penyimpangan terhadap pemanfaatan situs jejaring sosial tersebut, seperti timbulnya perselingkuhan, pembohongan publik, penipuan, asusila, transaksi negatif, cyber crime, dsb. Contoh tersebut hanyalah sekelumit kecil bagaimana situs jejaring sosial yang seharusnya dimanfaatkan secara optimal melainkan dipergunakan ke arah yang sangat menyimpang, sungguh sangat ironis terhadap generasi muda yang akan menerima perkembangan kemajuan teknologi khususnya internet

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dalam pemanfaatan internet, seharusnya diawali dari kesadaran diri sendiri untuk menghindari hal-hal tersebut, peran aktif orang tua dalam mengarahkan serta menjaga anaknya juga sangat diperlukan, selain dengan penegakan hukum mengenai dunia maya yang harus dipatuhi serta ditaati dengan sebenar-benarnya. Kalau kita mengkaji apa yang telah terjadi di Indonesia, mengenai penyimpangan situs jejaring sosial, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kesejahteraan rakyat secara adil dan merata seharusnya dapat terlealisasikan secara stimultan dan berimbang, dan juga dengan pentingnya kesadaran diri masing-masing sebagai end user dari situs jejaring sosial tersebut.


Beberapa Jejaring Sosial di Indonesia dan Dunia ; Friendster, Facebook, Twitter dan Liveconnector

Jejaring Sosial saat ini sangat trend sekali di masyarakat Indonesia, apabila kita menanyakan kepada seseorang mengenai apakah mereka memiliki akun di facebook atau twitter…???. Dan sangat mudah di tebak jawabannya, pasti saja mereka memiliki akun di facebook atau twitter. Karena saat ini jejaring sosial dianggap cara yang mudah untuk memberikan informasi kepada sahabat, rekan, pacar, atau suami istri sekalipun. Berikut ini saya akan berikan beberapa jejaring sosial yang sempat dan hingga kini menjadi trend di masyarakat Indonesia dan Dunia.

1. FRIENDSTER. www.friendster.com
Namanya dulu sempat menjadi topic terhangat diantara kaum muda, friendster sempat naik daun dan menjadi popular dikalangan kaum muda sebelum facebook dan twitter menjadi trend saat ini. Tapi jangan salah friendster langsung hilang begitu saja, karena melihat jejaring sosial yang sedang trend di masyarakat. Maka friendsterpun mencoba peruntungannya dengan mengubah tampilan website mereka dan ditambahkan beberapa fiture untuk memudahkan pengunjung dan membernya. 

2. FACEBOOK. www.facebook.com
Saat ini Facebook menjadi website jejaring sosial yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat dunia. Menurut pantauan website ALEXA.com, dalam peringkat website se-DUNIA, hingga saat ini FACEBOOK.com menjadi peringkat ke-2 (dua) dibawah google.com yang menjadi peringkat pertama dunia. Betapa hebatnya dalam sekejap facebook bisa mengalahkan web-web terbaik seperti; yahoo.com, youtube.com, dll. Maka tak heran jika banyak yang ingin membeli facebook.
3. TWITTER. www.twitter.com
 
Website jejaring Sosial yang satu inipun tak kalah hebatnya dengan facebook atau friendster. Twitter biasa digunakan untuk mengupdate status saja. Dan hingga saat ini Twitter masih kalah bersaing dengan facebook, namun bisa saja twitter menjaadi trend jejaring sosial mengalahkan facebook. Kita tunggu saja fiture terbaru dari twitter.

4. LIVECONNECTOR. www.liveconnector.com
Mungkin sebagian masyarakat Indonesia, sudah familiar dengan website ini. Ya, website jejaring sosial “ala” Indonesia, tapi mungkin kebanyakan member didalam website ini hampir semuanya adalah kaum muda mudi yang mencari teman, pacar, bahkan suami/istri. Liveconnector tak kalah hebat dengan facebook ataupun twitter, di web ini kita bisa menemukan teman yang banyak dalam ruang lingkup yang sangat dekat, yaitu di INDONESIA. Website ini juga menyediakan fiture yang sama sperti halnya facebook, yakni add as a friend, send message. Tapi kelebihan website ini yaitu pada fiture chatting, Semua member bisa saling chatting meskipun mereka belum menjadi teman, beda dengan facebook yang mengharuskan berteman dahulu baru bisa chatting dengan orang tersebut.
Jadi INDONESIA-pun punya jejaring sosial, dan masih banyak sekali jejaring sosial di INDONESIA yang belum terkenal hingga saat ini dan tidak menutup kemungkinan jejaring sosial buatan INDONESIA bisa mendunia.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini.
Setelah membaca mohon tinggalkan pesan pada kolom komentar.
Salam. ^^

 
Copyright (c) 2010 My Dream is My Life. Design by Wordpress Themes.

Themes Lovers, Download Blogger Templates And Blogger Templates.